Red Bobblehead Bunny

Tuesday, August 14, 2012

Kangguru Indonesia di Papua

Posted by Feren Marcelina at Tuesday, August 14, 2012
Kangguru ternyata tidak hanya terdapat di Autralia saja. Ternyata di Indonesia, tepatnya di Papua, juga memiliki Kangguru, spesies yang mempunyai ciri khas kantung di perutnya (Marsupialia). Kangguru Papua ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan Kangguru Australia. Sayang Kangguru yang terdiri atas Kangguru tanah dan Kangguru pohon ini mulai langka sehingga termasuk binatang (satwa) Indonesia yang dilindungi dari kepunahan.
Kangguru Papua terdiri atas dua genus yaitu dendrolagus (Kangguru Pohon) dan thylogale (Kangguru Tanah). Kangguru pohon sebagian besar masa hidupnya ada di pohon. Sekalipun begitu satwa tersebut juga sering turun ke tanah, misalnya bila sedang mencari air minum. Moncong kangguru pohon bentuknya lebih runcing jika dibandingkan dengan moncong kangguru darat. Ekornya agak panjang dan bulat, berbulu lebat dari pangkal sampai ekornya. Sedangkan pada kangguru darat kedua kaki depannya lebih pendek dari pada kaki belakangnya, cakarnya pun lebih kecil. Moncongnya agak tumpul dan tidak berbulu. Ekornya makin meruncing ke ujung, bulunya tidak begitu lebat.
Kangguru Tanah (lau-lau atau paunaro):
kanguru indonesia1.jpg
Thylogale brunii (Dusky Pademelon) merupakan jenis kangguru terkecil yang ada di dunia. Beratnya antara 3-6 kilogram, tetapi ada juga yang 10 kilogram. Panjang tubuhnya sekitar 90 sentimeter dengan lebar sekitar 50 sentimeter. Satwa langka yang dilindungi ini adalah hewan endemik Papua, dan hanya terdapat di Papua di kawasan dataran rendah di hutan-hutan di wilayah Selatan Papua, dan Papua Nugini. Di Indonesia, Thylogale brunii terdapat antara lain di Taman Nasional Wasur (Kabupaten Merauke) dan Taman Nasional Gunung Lorentz (Mimika).
Thylogale stigmata (red-legged pademelon) merupakan jenis yang hidup di daerah pantai selatan Papua. Thylogale stigmata mempunyai warna kulit tubuh lebih cerah yaitu kuning kecokelatan.
 kanguru indonesia2.jpg
Thylogale brownii (Brown’s pademelon). Selain di Papua, binatang ini juga terdapat di Papua New Guinea.
kanguru indonesia3.jpg
Kangguru pohon (lau-lau):
Dendrolagus pulcherrimus (Kanguru Pohon Mantel Emas) merupakan sejenis kangguru pohon yang hanya ditemukan di hutan pegunungan pulau Irian. Spesies ini memiliki rambut-rambut halus pendek berwarna coklat muda. Leher, pipi dan kakinya berwarna kekuningan. Sisi bawah perut berwarna lebih pucat dengan dua garis keemasan dipunggungnya. Ekor panjang dan tidak prehensil dengan lingkaran-lingkaran terang.
Penampilan Kangguru-pohon Mantel-emas serupa dengan Kanggguru pohon Hias. Perbedaannya adalah Kangguru-pohon Mantel-emas memiliki warna muka lebih terang atau merah-muda, pundak keemasan, telinga putih dan berukuran lebih kecil dari Kangguru-pohon Hias. Beberapa ahli menempatkan Kangguru-pohon Mantel-emas sebagai subspesies dari Kangguru-pohon Hias.
Kangguru-pohon Mantel-emas merupakan salah satu jenis kangguru-pohon yang paling terancam kepunahan diantara semua kangguru pohon. Spesies ini telah punah di sebagian besar daerah habitat aslinya.
kanguru indonesia4.jpg
Dendrolagus goodfellowi (disebut Kangguru Pohon Goodfellow atau kangguru pohon hias atau Goodfellow’s Tree-kangaroo) merupakan jenis kangguru pohon yang paling sering ditemui. Kulit tubuhnya berwarna cokelat sawo matang dan banyak terdapat di hutan hujan di pulau Papua.
kanguru indonesia5.jpg
Dendrolagus mbaiso (disebut sebagai Kangguru Pohon Mbaiso atau Dingiso). Kangguru ini ditemukan di hutan montane yang tinggi dan subalpine semak belukar di Puncak Sudirman. Kangguru pohon ini mempunyai bulu hitam dengan kombinasi putih di bagian dadanya.
Dengrolagus dorianus atau disebut sebagai Kangguru Pohon Ndomea atau Doria’s Tree-kangaroo.
kanguru indonesia6.jpg
Dendrolagus ursinus (disebut Vogelkop Tree-kangaroo atau Kangguru Pohon Nemena) merupakan kangguru pohon yang paling awal terklasifikasikan. Mempunyai telinga panjang dan ekor panjang dan hitam.
Dendrolagus inustus disebut juga sebagai Kangguru Pohon Wakera atau Grizzled Tree-kangaroo.
Dendrolagus stellarum disebut juga sebagai Seri’s Tree-kangaroo. Kangguru pohon ini terdapat di Tembagapura.
Klasifikasi:
Kerajaan: Animalia;Filum: Chordata; Kelas: Mammalia; Infrakelas: Marsupialia;Ordo: Diprotodontia; Famili: Macropodidae Genus: Dendrolagus dan Thylogale

0 comments:

Post a Comment

 

SimpleTeen(•”̮ •)з Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting